Senin, 30 April 2012

Zeitgeist

ZEITGEIST, sebuah film dokumenter yang betul-betul layak ditonton.film ini bisa didownload diinternet atau jika mau silahkan dicopy langsung dari pc saya. Saya tidak tahu persis bagaimana file film ini berada di hardisk eksternal milik saya. Setahu saya hanya ada dua kawan yang sering memberikan hadiah film buat saya, pertama Pay Jarot Sujarwo, dan yang kedua Fachrurrazi. Entah siapa dari kedua orang itu yang memberi file film itu (hayyo ngaku!)

Film yang dirilis pada tanggal 18 Juni 2007 di zeitgeistmovie.com ini mengisahkan tentang kejanggalan agama serta hubungannya dengan upaya segelintir orang untuk mengendalikan dunia lewat rekayasa busuk melalui sistem perbankan (bunga, bank sentral), fiskal, penguasaan informasi dan pemberitaan, kebijakan politik hingga perang yang menelan jutaan nyawa. Film ini didukung oleh pendapat-pendapat ilmiah yang sangat argumentatif tentang berbagai rekayasa segelintir bankir internasional terhadap peristiwa dunia yang menghebohkan termasuk rekayasa busuk Pemerintah AS untuk melakukan serangan 11 September ke negaranya sendiri, demi kelanggengan kekuasaan perbankan, keberlanjutan bisnis alat perang, penguasaan sumber daya alam, serta pembangunan tata dunia baru.

Menyaksikan film ini membuat kita terbelalak dengan kehebatan sang penulis sekaligus sutradara film ini, Peter Joseph. Orang ini sangat piawai mempengaruhi cara pandang dan cara berpikir orang kebanyakan dengan sebuah alur cerita yang singkat, padat komprehensif dan sistematik.

Terlepas dari kontroversi dan kebenaran ilmiah dibalik film ini, saya melihat sang sutradara adalah orang yang sangat hebat, orang yang sangat jenius. Sangat tidak mudah membuat sebuah film berdurasi sekitar 1,58 jam tapi mampu mempengaruhi cara berpikir orang. Kehebatan lain dari sutradara film ini adalah keberaniannya untuk mengungkapkan argumentasi bahwa isi ajaran agama kristen yang menjadi salah satu agama dengan penganut terbesar di dunia itu hanyalah sebuah konsepsi manusia yang diwariskan secara turun menurun sejak jaman Mesir Kuno. Hal ini berarti juga gugatan terhadap agama-agama samawi lainnya, termasuk Islam.

Film ini sungguh layak ditonton!